Beberapa Malware Dunia Hacker

Rabu, 07 November 2012


Malware
Malware atau malicious software adalah perangkat lunak yang dirancang untuk masuk atau merusak sistem komputer tanpa sepengetahuan pemilik. Istilah malware ini digunakan oleh profesional komputer untuk mencakup bermacam-macam aplikasi yang ganas, licik, dan menjengkelkan. Aplikasi disebut malware atau tidak tergantung dari intensi dari pembuatnya. Jadi aplikasi yang bertujuan baik tapi mempunyai bug yang merusak tidak bisa disebut malware. Hal ini menjadi penting dalam pengusutan malware di pengadilan hukum.
Malware termasuk virus, worm, trojan horse, spyware, adware, rootkit, backdoor, botnet, logger, dialer, dan aplikasi lain yang ganas dan tidak dikehendaki.

Spyware
Seperti spy atau mata-mata, spyware bertujuan untuk memonitor apa yang anda lakukan di komputer. Spyware dibuat dengan tujuan untuk mencuri atau sekedar melacak. Spyware bisa mencuri password untuk bank, kartu kredit, atau informasi yang lain. Aplikasi ini merekam semua ketikan dari keyboard (juga disebut key logger) dan menganalisa situs yang dituju. Dengan menghubungkan dua informasi ini, spyware bisa mendeteksi nama account dan password yang dipakai.
Spyware juga bisa melacak situs yang dikunjungi oleh pengguna komputer dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi tentang hobby atau online shopping. Dengan informasi ini spyware bisa mengirim adware yang dirancang sesuai dengan selera pengguna komputer.

Adware
Adware atau advertising supported software adalah aplikasi yang secara otomatis men-download dan menayangkan reklame di komputer pengguna. Adware biasanya di pak jadi satu dengan software gratisan dengan alasan untuk menutup biaya pembuatan software tersebut. Biasanya dengan menghapus adware ini, aplikasi yang dipakai akan berhenti bekerja. Contoh aplikasi yang mengandung adware adalah: Smiley Central, Bonzi Buddy, Zango, Xango Toolbar, dan WeatherBug. Untuk menghindari adware, hati-hati dengan free software; jangan langsung install, setidak-tidaknya baca EULA (end user license agreement – lisensi persetujuan untuk pengguna software).

Trojan Horse
Masih ingat dengan Trojan War, perang antara Yunani dan Troy dimana tentara Yunani membuat patung kuda dari kayu yang didalamnya dipakai sebagai tempat bersembunyi tentara Yunani. Aplikasi trojan horse juga begitu. Aplikasi ini bersembunyi di aplikasi yang lain yang kelihatannya berguna dan menarik.
Trojan horse ini bersembunyi di aplikasi yang lain mungkin karena aplikasi yang dimasuki ini mempunyai akses yang besar sehingga mempermudah trojan horse untuk melaksanakan tujuannya. Aplikasi trojan horse tidak bisa berjalan sendiri, maksudnya: Pengguna aplikasi yang mengandung trojan horse secara tidak sadar menjalankan trojan horse ini dan trojan horse ini menular karena orang mengopi aplikasi yang kotor ini.

Virus
Virus adalah program komputer yang bisa membuat duplikasi sendiri dan menular ke komputer yang lain tanpa ijin atau sepengetahuan pengguna. Virus yang asli akan merubah kopian dirinya atau kopian ini akan merubah dirinya sendiri. Virus menular melalui media seperti floppy disk, CD, atau memory stick, dan bisa juga melalui network file system. Jadi harus ada media perantara untuk menjalarkan virus ini. Virus biasanya menyerang komputer dengan merusak atau menghapus aplikasi lain atau dokumen.

Worm
Worm tidak memerlukan media perantara untuk menular, lain halnya dengan virus. Worm mengopi diri sendiri dan menggunakan network untuk mengirim kopian ini. Worm menjalar sendiri tanpa media atau bantuan orang untuk menjalar. Worm biasanya menyerang network; membuat network jadi pelan atau tidak jalan sama sekali. Tapi ada juga worm yang menghapus atau merusak aplikasi dan dokument.
Meskipun tidak memerlukan media perantara, worm memerlukan titik tolak untuk mejalar. Titik tolak ini bisa dari imel, instant messaging, file sharing, ataupun internet.

Rootkit
Rootkit adalah perangkat lunak yang tujuannya menutupi proses yang sedang berjalan, file, dan data dari operating system. Jadi tujuannya supaya operating system (Windows atau Unix) tidak tahu kalau rootkit ini ada didalamnya. Pada awalnya, rootkit tidak dibuat untuk merusak, tapi rootkit sekarang digunakan untuk menutupi malware supaya tidak bisa dideteksi dan dihapus.

Botnet
Botnet adalah robot program yang menjalar di internet. Seperti robot, botnet ini jalan secara otomatis. Istilah botnet sebenarnya digunakan untuk menerangkan kumpulan dari komputer sistem yang sudah terjangkit oleh worm, trojan horse, atau backdoor dan komputer sistem ini dibawah pengaruh sipencipta botnet. Botnet ini akan diam di komputer sistem dan menunggu perintah dari sang pencipta. Pencipta botnet bisa mengirim perintah melalui jaringan IRC ke botnet.
Menurut Wikipedia, polisi Belanda berhasil menemukan botnet yang menyakup 1.5 juta komputer. Bahkan diperkirakan seperempat dari semua personal komputer yang berhubungan dengan internet adalah bagian dari jaringan botnet.

Backdoor
Backdoor adalah jalan belakang untuk menghindari password untuk login. Jalan belakang ini dimungkinkan karena aplikasi atau rootkit yang jalan dikomputer tersebut.

Keystroke Logging
Keystroke logging atau sering disebut juga keylogging sebenarnya adalah diagnostik software untuk mengetes user input melalui keyboard. Aplikasi ini bisa ditemukan di internet atau toko software untuk tujuan baik atau buruk.
Untuk membuat aplikasi keylogging ini tidak susah, dan seperti program komputer yang lain bisa didistribusi sebagai trojan horse atau bagian dari virus. Yang lebih susah adalah bagaimana meng-install program ini dan mengirim data simpanan tanpa sepengetahuan orang yang mempunyai komputer.

Dialer
Dialer adalah aplikasi untuk membuat koneksi ke internet. Dialer bisa digunakan oleh hacker untuk konek ke internet dan mengirim data dari komputer lokal ke komputer yang dituju oleh hacker.
Comments
1 Comments

1 komentar:

Unknown mengatakan...

sama-sama Gan :)

Posting Komentar